Minggu, 04 Desember 2011

Mengenal Diri itu penting lho….

Yuk ..Kenali diri kita “ baru kita ketahui akan ke mana?!”…


Recognize myself, salah satu hal yang paling hebat dalam hidup adalah mengenali diri sendiri. Ini bearti mengetahui siapa diri anda, seperti apa diri anda, dan anda ingin menjadi seperti apa. Pengenalan diri juga memungkinkan anda menemukan hal-hal yang mampu anda lakukan dengan baik, hal-hal yang anda sukai dan yang tidak, hal yang dapat memotifasi anda, dan hal yang membuat anda sangat marah.

Seperti contoh para mahasiswa psikolog di yel yang di ceritakan penulis lim how atau di manapun mempunyai pengalaman yang sama, mereka mendapati bahwa mereka menikmati cara berpikir dengan konsep dan pendapat, menaruh perhatian pada orang yang lemah, mengartikan data-data statistic ato dibingungkan oleh komputer! Seperti yang diceritakan para rekan mahasiswa ato pengalaman saya sendiri saat kuliah dibandung tadinya ingin mengejar cita – cita menjadi guru bahasa iggris ato agama, namun pada akhirnya saya mengetahui bahwa sebenarnya yang saya sukai bukanlah ke dua bidang itu. Melainkan jurnalistik atau seni, desainer, bisnis menyangkut hoby dan visi hidup, berhubungan dengan hoby tentu sesuatu yang di senangi. Berubah jurusan atau mengganti pilihan akademik adalah hal yang wajar di universitas. Alasanya sederhana.dalam mengejar gelar akademisnya mereka akhirnya mengetahui hal yang benar-benar menarik perhatian mereka, baik di bidang akademis maupun karier.

Seringkali, hal terpenting dalam menetapkan tujuan bukanlah pencapaian tujuan itu sendiri, melainkan pada pengenalan siapa diri anda, atau anda ingin menjadi seperti apa.

Karena itu penetapan tujuan pada dasarnya adalah proses pengenalan diri. Hal tersebut membantu anda untuk mengetahui kelemahan dan kekurangan anda. juga membantu anda menyadari peran yang anda sukai, orang seperti apa yang ingin anda temui dan hal apa yang paling anda kuasai, pada kenyataanya itu membawa anda untuk mengenali hal apa yang membuat anda marah, bosan ato takut! Pada akhirnya, pengenalan akan diri anda meningkat, dan hal ini adalah niali tambah yang tak dapat dihilangkan. Mempunyai rasa pengenalan diri yang bersih adalah pencapaian secara psikologis. Anda akan semakin yakin dan percaya diri jika anda lebih mengenali diri anda sendiri. Hal ini yang menyebabkan orang-orang yang sukses selalu tampil dengan percaya diri yang besar.

erlina
Reference:  Lim How

Tidak ada komentar:

Posting Komentar