Selasa, 06 Maret 2012

Gizi penunjang otak



Anda seorang ibu rumah tangga ato belum jadi ibu. siapapun kita, terutama kaum hawa yang kelak bakal menjadi ibu memegang peran penting bagi perkembangan anak dan kesehatan keluarga terutama dari menentukan menu makanan untuk menunjang kecerdasan. Oleh karena itu wawasan tersebut harus kita miliki………”come on kite bahas”!
Text Box: Otak adalah organ tubuh yang paling kelaparan, di seluruh tubuh, otak mengosumsi sepuluh kali lipat glukosa dan oksigen daripada organ tubuh lainnya, meskipun beratnya hanya 2 % dari berat badan keseluruhanSejumlah penelitian mendukung klaim bahwa gizi yang buruk berdampak pada kemampuan belajar dan ingatan . selain dari hal yang sudah jelas, bahwa, apabila anda merasa sehat , konsentrasi anda akan semakin baik ----- agar dapat berpungsi optimal otak anda membutuhkan arus energi yang stabil, darimana energi tersebut ? so…dari makanan yang anda makan. 
Tidak di ragukan lagi kesehatan mental anda sangat bergantung pada apa yang anda makan, mengapa? Karena neurotransmited yang bertanggungjawab dalam komunikasi antarsel seluruh tubuh kinerjanya secara lansung di pengaruhi oleh apa yang kita makan ---- untuk melakukan pekerjaan penting ini ---- otak membutuhkan banyak energi ----- bahkan lebih banyak daripada organ tubuh lainnya, meskipun berat otak hanya 2% dari total badan anda.
--- otak menggunakan 20% asupan oksigen dalam tubuh apakah anda sedang tidur, membaca, atau berlari maraton, otak membutuhkan suplai energy konstan dari oksigen dan glukosa ( gula darah ) melalui aliran darah.
--- jika anda tidak mendapatkan nutrisi yang diperlukan untuk menghasilkan energy, otak menjadi organ tubuh yang menderita. Ini benar karena tidak seperti hati dan otot yang menyimpan cadangan energy, otak tidak mempunyai kapasitas penyimpanan energy.
--- jika level glukosa dalam darah turun drastis, otak akan menarik suplai glukosa untuk organ lain, apabila hal ini terjadi akibatnya mata anda menjadi berkunang-kunang dan susah berkonsentrasi. Akibat parahnya akan terjadi gejala agrevitas/ ketidak stabilan emosi, amnesia, kurang mampu berpikir/ bernalar (hipoglikemia). Namun kita dapat menghilangkan akibat tersebut dengan mempertahankan suplai energy yang mencukupi otak.


Orang tua dulu bahwa ikan adalah “makanan otak” memang benar. Secara umum, ikan mengandung lebih banyak zat peningkat kognitif daripada bahan makanan yang lain
 
 




Unsur – unsur makanan yang secara lansung mempengaruhi fungsi kognitif


-          KEKUATAN PROTEIN
Protein di butuhkan untuk membuat senyawa kimia NEUTRANSMITER pada otak kita agar berfungsi secara optimal, kendati protein tidak lansung di ubah menjadi glukosa sebagai bahan energy, protein di urai di pencernaan menjadi asam amino yang merupakan bahan dasar NEURONTRANSMITER. Tapi ga bearti anda harus banyak makan protein lantas buat pintar walaupun benar harus di barengi dgn stimulan yg lainnya, dan tanpa protein fungsi mental akan menurun.
Banyak ahli gizi menyarankan, jika makan protein dan karbohidrat, sebaiknya kita makan sepertiga protein dulu sebelum makan yang lain, so…..kalo karbohidrat mencapai otak duluan sebelum protein kita akan merasa lesu. Alasannya sbb………
-          Asam amino berpacu menuju otak
dua asam amino penting ------ triptofan ( dari karbohidrat ) dan tirosin ( dari protein ) ------- berkompetisi mencapai otak terlebih dahulu setelah anda selesai makan, jika ingin break ato bobo selesai makan, kita perlu triptofan sebagai pemenang, namun jika ingin terjaga, kita perlu tirosin. Kenapa triptofan penyebab ngantuk ?..... coz
asam amino ini menstimulasi senyawa NEURONTRANSMITER SEROTONIN, sementara TIROSIN menstimulasi DOPAMIN. NOREPINEFRIN, dan EPINEFRIN.
-          KARBOHIDRAT YANG MELENAKAN
Saat yang paling baik untuk memilih karbohidrat adalah saat kita ingin santai atau relaks, mekanisme mood di otak sangatlah sensitive sehingga sejumlah kecil makanan dengan tipe tertentu akan lansung berpengaruh pada pikiran dan tubuh, 1 Atau 2 ons karbohidrat cukup buat saraf anda santai .
-           LEMAK BAIK dan LEMAK JAHAT
Setelah tau fakta tentang lemak! ..banyak orang beralih dari mentega kepada kedelai or minyak zaitun. Baik bagi tubuh dan otak.
Lemak merupakan unsur yang di perlukan dalam makanan. bahkan, lemak merupakan salah satu bahan dasar pembentuk sel otak. Namun, kuncinya adalah konsumsi lemak tak jenuh secara seimbang. Seperti lemak yang di temukan pada bunga matahari, jagung, minyak zaitun / kedelai, avocado, kacang, ikan.
Makanan berlemak tinggi ( melebihi 30 % total kalori ) dapat menyebabkan penyakit- penyakit fatal  terutama dari lemak jenuh contoh lemak babi dll, jantung, stroke, kanker, dan memperlambat proses berpikir.
Mengosumsi lemak membutuhkan kerja keras tubuh dan waktu di banding zat gizi lainnya. Untuk melakukan metabolisme lemak, darah di alirkan dari organ lain ke pencernaan sehingga aliran darah ke otak menjadi berkurang, dan ini menjelaskan mengapa terjadi penurunan konsentrasi setelah anda makan makanan berlemak tinggi.

-          TENTANG GULA
Energi kimiawi yang menggerakan komunikasi dalam otak dan proses pembentukan protein hampir sebagian besar di dapat dari glukosa ( yang terdapat dalam gula) namun begitu bukan bearti kita membari cemilan bergula terus kepada anak-anak , sekarang anak-anak dan orang dewasa sudah banyak mengosumsi gula , karena kelebihan gula beresiko pada kesehatan. Namun tubuh bergantung pada glukosa asupan untuk energy tidak bisa di ingkari.
Bukti penelitian baru, tepung meningkatkan kadar gula darah lebih cepat daripada gula sendiri sehingga cemilan yang direkomendasikan untuk otak adalah keripik atau biscuit, sedang gula dari buah buahan / fruktosa kinerjanya tidak lansung memberikan energy, karena fruktosa tidak dapat melewati penghalang darah dalam otak.
-          TENTANG KAFEIN
Kafein ini sudah jadi perdebatan sejak dulu!...satu contoh kontradiksi dalam bidang makanan, menurut penelitian universitas nort carolina bahwa sejumlah kafein dalam 1 cangkir kopi dapat mengurangi ingatan terhadap informasi yang baru saja di pelajari. Sementara di penelitian lain, di institute Massachusetts bahwa kafein dapat meningkatka kinerja mental. Di balik semua penelitian ada sedikit bukti bahwa kafein mempunyai efek buruk terhadap kesehatan dalam jangka panjang apabila di konsumsi dalam taraf sedang.
Paradox tentang kopi adalah meskipun kopi merupakan stimulan otak. Kopi juga mengurangi aliran darah ke otak, inilah sebabnya kafein di gunakan untuk terapi migrain karena kopi membantu menyempitkan pembuluh darah yang terlalu berkembang ke otak.

Vitamin dan Mineral Pembangun Otak

Vitamin A =   Vit A merupakan ANTIOKSIDAN yang diperlukan untuk pengembangan system saraf pada EMBRIO. Vit A berperan dalam fungsi otak dengan menempel pada berbagai reseptor sel otak dan memacu reaksi biokimia dalam sel ------ aspek vital dalam potesiansi jangka panjang.

Vitamin B =  Apabila tidak di konsumsi secara mencukupi dapat menyebabkan depresi, penurunan intelektual. Vit B kompleks terutama B-1,B-2,B-12 dapat menjamin otak anda men[dapat asupan mencukupi untuk mengubah proptein dan karbohidrat dalam makanan menjadi energy mental.

Vitamin C = Juga antioksidan penting, membantu otak anda menyerap protein untuk membentuk NEURONTRANSMITER yang menjadi bagian integral dalam proses berpikir dan mengingat.

Vitamin E = Untuk menyuplai oksigen pada otot dan melindungi otak dari efek --- merusak radikal bebas dan proses penuaan.
NUTRISI SARAF PEMBERIAN ALAM

Asam Amino : makanan otak.
Dalam tubuh manusia ada 20 asam amino yang membentuk protein, 12 di antaranya di produksi tubuh di kenal asam amino – esensial. 8 asam amino lain di dapat dari makanan.

Fenilalanin
Adalah asam amino esensial yang menyuplai bahan baku bagi pembentukan katekolamin --- sekelompok neurontransmiter yang mencukupi NOREFINEFRIN, EPINEFRIN dan DOPAMIN KATEKOLAMIN di kenal sebagai peningkat kewaspadaan dan ambisi, meningkatkan konsentrasi, pembelajaran dan ingatan. Terkandung dalam daging ayam, sapi. Ikan, telur dan kedelai.

Tirosin
Asam amino lain bernama tirosin di ketahui dapat membantu mengatasi depresi. Meningkatkan ingatan, kewaspadaan mental terkandung dalam hati ayam, keju, avokad, pisang, ragi, ikan dan daging.

Glutamin
Asam amino non-esensial yaitu asam glutamik sebagai bahan bakar otak dan mengontrol akses ammonia secara alami di temukan dalam gandum dan kedelai.

Fosfatidil kolin
Zat gizi kolin adalah bahan utama NEURONTRANSMITER, ASETILKOLIN, yang penting bagi ingtan dan pembelajaran, penelitian di lembaga amerika sarikat melaporkan “pemberian kolin dapat meningkatkan ingatan dan kemampuan belajar hingga 25%”  di dapat di makanan kaya lesitin, seperti kuning telur, ikan saler, gandum, kedelai, dan daging sapi tanpa lemak.

Asam Ribonukleat
Asam ribonukleat (RNA) dan asam deoksiribonukleat (DNA) ada di tiap inti sel, asam – asam tersebut membawa kode genetik kita, dan mengarahkan fungsi protein. RNA adalah kunci penting dalam mempelajari ingatan dapat di temukan di ikan ( terutama sarden ) kerang, bawang dan ragi.
DHA
DHA (asam dokosa – heksaenoat) penting bagi kemampuan ingatan. DHA, sebuah bentuk asam omega -3. FAO dan WHO mengakui peran penting DHA dalam pengembangan otak ketika sebuah penelitian melaporkan adanya hubungan antara rendahnya konsentrasi asam omega-3 di susu formula bayi ( di banding susu ibu ) dengan rendahnya tingkat inteligensi sehingga DHA saat ini merupakan tambahan penting dalam susu formula bayi .
Penelitian pada orang dewasa juga melaporkan bahwa menyantap ikan setidaknya sekali seminggu dapat mengurangi resiko elzheimer (kepikunan) hingga 70 % di banding mereka yang tidak menyantap ikan. Para ilmuan menduga “ efek perlindungan ini berkaitan dengan aktivitas anti – peradangan asam lemak omega-3 yang di dapat pada minyak ikan.
 secara garis besarnya sekian yang dapat saya tulis namun masih banyak zat-zat lainnya yang bisa dipelajari di referensi lain. Untuk menutupi pembahasan ada 10 besar makanan yang baik bagi ingatan.
                           10 besar makanan yang baik bagi ingatan

Ikan                                                            Gandum
Telur                                                           Ayam
Kedelai                                                       Pisang
Daging sapi tanpa lemak                                      Produk susu rendah lemak
Hati ayam                                                   Avokad
Ingat!........negara yang cerdas juga berawal dari ibu – ibu yang cerdas. Pernah melihat makanan jepang atau korea, china mereka suka makanan yang setengah matang ikan segar, sayuran segar dll mereka sangat menjaga kandungan gizi di dalamnya. Tetapi untuk hal tsb tentu kita sesuaikan dengan budaya kita, tetapi teknik memasak makanan agar zat gizinya tidak hilang harus kita miliki.

Cermat memilih makanan
Investasi yang bijak bagi masa depan
------goodluck-------



  
  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar