Selasa, 06 Maret 2012

Singapura


Singapura adalah salah satu Negara yang saya kagumi, Negara mereka kecil dan tanpa sumber daya alam membuat mereka harus bekerja keras supaya dapat bertahan di dunia. Hasilnya, ternyata mereka tidak Cuma bisa bertahan, tetapi juga lebih hebat lagi. Justru kekecilan ukuran bagi singapura merupakan kekuatan, gampang di atur. Semua orang mesti kena wajib militer selama 2 tahun. Di satu sisi memang merepotkan. Tetapi di sisi lain mereka akhirnya di gembleng menjadi suatu bangsa yang disiplin, punya ketahanan mental yang kuat. Dan punya semangat bersaing yang tinggi .
Itulah mengapa pernah ada istilah KIASU yang populer di singapura ki artinya takut, su bearti kalah. Sperti di tulisan stiker kaca mobil mereka : beware of kiasu driver. Yang bearti kata KIASU adalah TAKUT KALAH……….mengapa takut kalah ? orang singapura mempunyai sifat seperti itu.
Pemerintah singapura juga sadar bahwa sumber daya manusia merupakan satu-satunya aset yang harus di andalkan. Maka, pendidikan dasar dan menengah berlansung sangat ketat anak-anak SD  yang masih duduk dikelas 1 sekolah dasar sudah harus berkenalan dengan komputer.
Wawasan IT-HUB di asia tenggara menjadikan mereka semakin termotivasi dan sadar informasi dengan kondisi seperti itu dalam dunia perdagangan mereka otomatis menjadi konsumen yang enlightened, informasionalized, dan empowered.
Enlightened : karena mereka sadar apa saja yang perlu di pertimbangkan dalam memilih sebuah produk.  Informationalized : karena mereka memang gampang bisa mengakses informasi, maka bisa membanding - bandingkan pilihan sekaligus. Empowered : karna tingkat GDP perkapita mereka mencapai  $20.000.
Kondisi seperti itu di tambah dengan inner drive secara pribadi dan external drive dari pemerintah membuat mereka menjadi makin volue oriented. Waow…………..konsumen yang cerdas bukan !?”…itulah gambaran dalam dunia perdagangan mereka merupakan konsumen yang tidak mudah di bujuk untuk membeli sesuatu secara emosional. Karena mereka lebih bisa membandingkan sesuatu secara nasional. Walaupun arti kiasu tidak persis dengan price oriented ato quality oriented. Why?...................................orang yang price oriented / quality oriented hanyalah orang yang mementingkan kualitas atau harga. Dan hanya orang yang volue oriented yang bisa mempertimbangkan keduanya. Artinya selalu mencari padanan terbaik antara kualitas dan harga .
Banyak hal yang bisa kita pelajari dari contoh Negara – Negara maju. Yupz………don’t be KIASU ? itulah pelajarannya. Walaupun pemerintah di Negara kita ini tidak banyak memberi harapan bagi kesejahteraan seperti Negara Malaysia apalagi singapura. Tapi inyaallah kita bisa maju tanpa bergantung pada pemerintah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar